Candi Syiwa, Bangunan Terbesar Komplek Candi Prambanan

Web Hosting

BERITABERITA.WEB.ID – Candi Prambanan berada lebih kurang  17 km dari kota Yogyakarta dipinggir jalan raya Yogyakarta Solo.  Merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, dibangun sekitar abad 9 Masehi oleh Raja Balitung Maha Sumbu seperti yang tertera di Prasasti Syiwagrha. Saat ini, Prasasti Syiwagrha yang dibuat pada tahun 778 Saka (856 M) tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

prambanan 1

Komplek Candi Prambanan terbagai atas tiga bagian besar,  Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) dan Njeron (pelataran dalam). Dilokasi pelataran dalam terdapat 2 barisan candi (kelompok candi) yang membentang dari utara selatan. Pada barisan barat terdapat 3 buah candi yang menghadap ke timur, disisi utara Candi Wisnu, tengah Candi Syiwa, dan selatan Candi Brahma. Berikutnya pada barisan timur terdapat 3 candi yang menghadap ke barat. Tiga candi dibarisan timur salah satunya candi wahana (wahana = kendaraan), setiap candi pada barisan ini diberi nama sesuai dengan nama binatang tunggangan dewa yang diabadikan pada candi dihadapannya. Candi yang berhadapan dengan Candi Wisnu adalah Candi Garuda, Candi Syiwa adalah Candi Nandi (lembu), dan Candi Brahma adalah Candi Angsa.

(Lihat juga: Wisata Ke Prambanan)

Enam candi di pelataran dalam berdiri berhadapan membentuk lorong. Dari segi ukuran Candi Wisnu, Brahma, Angsa, Garuda dan Nandi mempunyai ukuran yang sama dan dasar bujur sangkar seluas 15 m2 dengan tinggi 25 m. Pada ujung utara dan selatan lorong candi ini, dibangun sebuah candi kecil yang saling berhadapan, Candi Apit.

Candi Syiwa

Candi Syiwa merupakan candi terbesar dalam komplek Prambanan dan di dalam candi terdapat Arca Syiwa. Candi Syiwa kadang disebut juga Candi Rara Jonggrang, karena didalam salah satu ruangannya terdapat Arca Durga Mahisasuramardani atau Arca Rara Jonggrang. Sepanjang dinding kaki candi terdapat pahatan gambar singa yang berdiri di antara dua pohon kalpataru. Hiasan ini terdapat di semua sisi kaki Candi Syiwa dan kelima candi besar lainnya.

arca syiwa

Pintu masuk ke ruang utama Candi Syiwa ada di pintu masuk ke ruang timur. Ruang utama disebut Ruang Syiwa karena terdapat Arca Syiwa Mahadewa. Posisi arca Syiwa dalam keadaan berdiri di atas teratai dengan satu tangan terangkat ke dada dan tangan lainnya mendatar di depan perut. Arca Syiwa tersebut terletak di atas landasan setinggi 60 cm, berbentuk yoni. Arca Syiwa dipercaya menggambarkan Raja Balitung dari Mataram Hindu (898 – 910 M), karena semasa hidupnya dipuja sebagai Syiwa.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook