Istana Terbesar, Istana Putih Turki

Web Hosting

Ak Saray (Dok: hashaber.net)

BERITABERITA.WEB.ID – Menghabiskan 7,5 trilyun rupiah, biaya untuk pembangunan Istana Presiden Turki  “Ak Saray”, dibangun diatas tanah seluas 150.000 meter persegi, memiliki 1000 kamar. Istana terbesar, lebih besar dari Istana Versailles di Perancis, juga melebihi besar Gedung Putih, Washington dan Kremlin, Moskow.  Istana kontroversial, tetap dibangun meskipun pengadilan melarang pembangunannya, karena dibangun di area hutan lindung  ibu kota Turki, Ankara.

Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki, merancang bangunan serbaguna didalam Istana Ak Saray yang menggabungkan tradisi Ottoman dan Seljuk, dengan kamar mandi berlapis sutera. Ak Saray atau Istana Putih, merupakan bangunan yang dikelilingi oleh pepohonan yang berfungsi sebagai taman hutan, bangunan ini juga dilengkapi dengan bungker bawah tanah yang tahan terhadap peperangan nuklir.

Erdogan sebelumnya adalah Perdana Menteri Turki, mencalonkan menjadi Presiden setelah menjabat PM selama 11 tahun, merupakan tokoh nomor satu partai AK yang berhaluan Islam. Dia merupakan Presiden Turki ke 12 menggantikan Abdullah Gul , yang dipilih melalui pemilihan secara langsung. Erdogan dilantik pada 28 Agustus 2014 yang lalu, betekad mewujudkan pemerintahan Turki Baru, yang akan mewujudkan pembangunan ekonomi yang lebih cepat.

aksaray101

Pemandangan Komplek Istana Ketika Dibangun (Dok: sozcu.com.tr)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook