Jawa Timur, Apakah Masyarakatnya Bahagia?

Web Hosting

BERITABERITA.ID – Kebahagiaan setiap individu di setiap wilayah membutuhkan  peran pemerintah. Indeks kebahagiaan adalah ukuran tingkat kebahagiaan masyarakat. Semakin tinggi nilai indeks menunjukkan tingkat kehidupan yang semakin bahagia, demikian pula sebaliknya, semakin rendah nilai indeks maka penduduk semakin tidak bahagia.

Indeks kebahagiaan juga dijadikan salah satu nilai takar tingkat kesejahteraan dalam sebuah wilayah. Semakin tinggi indeks kebahagiaan masyarakat dalam sebuah wilayah maka semakin tinggi pula tingkat kesejahteraah di wilayah tersebut.

Bagaimana peran pemerintah Jawa Timur selama ini dalam meningkatkan nilai indeks kebahagiaan masyarakatnya? Indeks Kebahagiaan ditentukan pada tahun 2017 meliputi tiga dimensi, yaitu: 1)Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), 2) Perasaan (Affect), dan 3) Makna Hidup (Eudaimonia).

Pada tahun 2014, Indeks Kebahagiaan hanya menggunakan dimensi kepuasan hidup. Metode pengukuran Indeks Kebahagiaan pada 2017 mengalami perubahan, karena terdapat penambahan cakupan indeks dibandingkan tahun 2014.

Berdasarkan hasil Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) tahun 2017 Indeks Kebahagiaan Jawa Timur sebesar 70,77 pada skala 0 – 100. Angka tersebut menunjukan Indeks Kebahagiaan Jawa Timur di atas rata-rata Indeks kebahagiaan seluruh provinsi se-Indonesia yakni 70,69 dan jika dibandingkan dengan Indeks Kebahagiaan Jawa Timur tahun 2014 pada nilai 68,70 ada peningkatan.

Terlihat Indeks Kebahagiaan Jawa Timur tahun 2017 lebih tinggi dari pada tahun 2017  dan Indeks Kebahagiaan Jawa Timur berada diatas rata-rata  kebahagiaan seluruh provinsi se-Indonesia. Artinya masyarakat Jawa Timur sekarang lebih bahagia jika dibandingkan dengan tahun 2014.

Kebahagiaan masih menjadi tugas bagi pemerintah provinsi Jawa Timur  karena Indeks Kebahagiaan Jawa Timur masih berada di urutan terendah ke -12 dari 34 provinsi atau tertinggi ke-23. (Ukong)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook