Lidah Mertua, Mampu Mengurangi Polusi Udara

Web Hosting

BERITABERITA.WEB.ID – Sansevieria nama keluaga tanaman beranggotakan sekitar 70 spesies tanaman bunga, asli dari Afrika, Madagaskar dan Asia Selatan. Nama-nama umum yang dipakai lidah mertua (mother-in-law’s tongue), devil’s tongue, jinn’s tongue, bow string hemp, snake plant dan snake tongue.  Sansevieria memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichlorothylene. Keistimewaan lain dari lidah mertua, memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Berdasarkan penelitian NASA dan ALCA ditemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini mampu secara alami mengurangi polusi udara disekitarnya.

Tanaman ini berdaun tebal sehingga memiliki kandungan air sukulen yang banyak dan tahan kekeringan. Tetapi tetap dapat tumbuh subur  dalam kondisi lembap atau basah. Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset. Kelompok daun panjang yang meruncing seperti mata pedang sering disebut tanaman pedang-pedangan.

sansevieria-golden-hahnii

Manfaat Sansevieria

Penyerap polusi terbanyak

Sansevieria merupakan salah satu tanaman yang mampu menyerap polusi terbanyak di antara tanaman yang lainnya. Berdasarkan penelitian sekitar 107 polutan dapat diserap oleh tubuhnya yang dikeluarkan lagi dalam bentuk oksigen. Tanaman ini cocok ditempatkan sebagai hiasan ruangan tamu sekaligus berperan sebagai penghisap polusi.

Membantu menyerap radiasi

Sansevieria juga sangat efektif untuk membantu menyerap radiasi. Didalam rumah berguna untuk menyerap radiasi yang di timbulkan oleh peralatan elektronik.

Kaya akan produksi oksigen (O2)

Sansevieria merupakan salah satu model tanaman yang akan menghasilkan oksigen tinggi. Daunnya mempunyai Klorofil yang melimpah yang membantu percepatan proses fotosintesis. Kemampuan ini yang menyebabkan produksi oksigen yang di hasilkan oleh tanaman tinggi.

Tanaman penghias pagar rumah

Sansevieria yang berbentuka daun runcing, memiliki kekerasan fisik yang cukup baik dapat dipakai sebagai tanaman pagara halaman. Dengan bentuk yng unik  akan memambah keasrian rumah.

Membantu mengurangi sick building syndrome

Sansevieria efektik juga untuk membantu mengurangi gejala sick building syndrome. Ruangan dengan pengatur suhu udara di gedung perkantoran memiliki kandungan oksigen yang rendah, dengan kemampuan penyerapan karbondioksida yang baik, sansieviera menjadi pilihan terbaik untuk mendongkrak kadar oksigen dan kebersihan udara ruangan.

(Lihat juga: Lidah Mertua Menjadikan Udara Lebih Segar)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook