Lumpur Lapindo, Pemerintah Tidak Tanggung Kerugian Perusahaan

Web Hosting

BERITABERITA.ID –  Ganti rugi korban lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, hingga kini belum rampung. Tepat setelah 11 tahun Pada Senin, 29 Mei 2017, masih ada korban, baik dari warga maupun pengusaha, yang belum mendapatkan ganti rugi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono mengatakan, saat ini ada 13.237 berkas yang sudah dibayarkan menggunakan dana talangan pemerintah sebesar Rp 781 miliar. Sehingga masih ada Rp 54,3 miliar untuk 244 berkas yang belum dibayarkan.

“63 berkas belum divalidasi, 148 berkas belum dilunasi kewajiban KPR-nya. Tapi ada lagi ternyata warga yang dalam susulan Rp 9,8 miliar. Jadi Rp 54,3 tambah Rp 9,8 miliar,” kata Basuki.

Basuki memastikan, pemerintah tidak akan memberikan dana talangan kepada perusahaan yang merupakan tanggung jawab PT Lapindo. Mereka tetap harus menyelesaikan melalui mekanisme gugatan antar perusahaan.

Pemerintah menganggap kerugian perusahaan yang berada di dalam PAT harus diselesaikan secara business-to-business dengan Lapindo. Dengan kata lain, pemerintah hanya akan menalangi Lapindo untuk pemberian dana bantuan ke masyarakat biasa di area terdampak, bukan ke pengusaha.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook