Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

Web Hosting

BERITABERITA.WEB.ID – Terong merupakan jenis sayuran bewarna ungu yang memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan sangat luar biasa manfaatnya. Sehartai-hari  terong dimanfaatkan untuk dijadikan  masakan bersama dengan bahan makanan yang lain.

Terong merupakan tanaman mempunyai manfaat sama baik dengan kentang dan berisi kandungan vitamin yang sama pula. Meskipun terong tidak mengandung konsentrasi yang tinggi dari setiap vitamin yang dikandungnya.  Tetapi hal tersebut yang membuatnya menjadi  istimewa,  karena  kombinasi serasi dari vitamin dan nutrisi lain yang ada didalamnya, menjadikan terong sebagai makanan sehat.

Kandungan Terong Unggu

Terong mengandung niacin, juga dikenal sebagai vitamin B-3 yang mengandung berbagai enzim pemecah lemak, protein, karbohidrat dan alkohol untuk menghasilkan energi. Niacin menjadi salah satu unsur yang membantu produksi enzim tubuh dari asam lemak dan kolesterol. Rebusan satu buah terong mengandung 0,6 miligram niacin, memenuhi sekitar 4 persen kebutuhan tubuh manusia.

Disamping niacin terong  mempunyai kandungan kecil riboflavin, atau vitamin B-2. Riboflavin berfungsi sebagai salah satu unsur untuk mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi. Kerja epada nzim tergantung riboflavin yang juga dapat mendetoksifikasi bahan kimia yang berbahaya. Secangkir rebusan terong mengandung 0,02 miligram riboflavin, sekitar 2 persen dari kebutuhan tubuh.

Tiamin atau vitamin B-1 adalah vitamin B-kompleks yang ditemukan dalam terong. Seperti niasin dan riboflavin, tiamin berfungsi membantu produksi energi. Tubuh menggunakan tiamin untuk menghasilkan bahan genetik pembentukan sel-sel baru. Terong mengandung 0,08 miligram tiamin, sekitar 7 persen dari kebutuhan tubuh.

Terong mengandung folat yang merupakan kofaktor kimia dalam produksi sel-sel baru. Produksi sel darah merah normal dan pertumbuhan janin selama kehamilan bergantung pada folat. Secangkir terong mengandung 14 mikrogram folat, sekitar 4 persen kebutuhan pria, wanita hamil dan menyusui.

Terong menyediakan vitamin E dan vitamin K yang berfungsi sebagai antioksidan, untuk melindungi jaringan dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia yang disebut radikal bebas. Vitamin K membantu sistem pembekuan darah dan membantu produksi protein. Terong mengandung 0,4 miligram vitamin E dan 2,9 mikrogram vitamin K.

Nasunin merupakan senyawa antioksidan yang terdapat pada kulit terong.Kandungan nasunin terong memiliki kemampuan antiangiogenic. Nasunin dalam terong memiliki kemampuan untuk mencegah angiogenesis tersebut terjadi pada peertumbuhna sel-sel kanker.

Manfaat Terong Bagi Tubuh

  1. Menyehatkan Jantung

Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan menstabilkan tingkat tekanan darah. Tubuh terjaga kandungan airnya berkat kandungan kalium dalam terong. Kondisi ini memastikan retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.

  1. Membantu Otak

Terong mengandung fitonutrien untuk menjaga membran sel otak, yang juga melindungi otak dari kerusakan. Membantu transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain di otak, sehingga melestarikan fungsi memori.

  1. Menurunkan Berat Badan

Terong dianggap mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Kombinasi ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi yang ingin mengurangi berat badan. Teksturnya kenyal yang merupakan salah satu makanan harus dimakan dalam bentuk mentah sebanyak mungkin

  1. Membantu Pencernaan

Menjaga sistem pencernaan agar  tetap sehat karena  terong mengandung serat yang baik. Terong berguna  mencegah sembelit  dan  kanker usus besar.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong merupakan sumber yang sangat kaya serat dan karbohidrat yang rendah.  Sehingga terong sangat bermanfaat dalam mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa.

  1. Kulit Bersinar

Terong erupakan jenisa sayuran yang mengandung kadar air yang tinggi. Manakan ini membantu tubuh dan menjaga tubuh dan kulit mendapat asupan air dengan baik.

  1. Melembabkan Kulit Kepala

Terong mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik bagi kulit kepala. Sayuran  ini apabila dikonsumsi dapat menjaga dari masalah-masalah yang terkait dengan kesehatan kulit kepala. (sumber berita manfaat.co.id)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook