Nih Gaes! Tips Biar Ga Ikutan Sebar HOAX

BERITABERITA.ID – Saat ini sedang marak informasi Hoax di dunia maya, Nah ga mau kan kalo kita ikut-ikutan nyebar Hoax juga!? nah ada beberapa tips yang bisa dipakai, supaya saat kita berselancar di Internet ga ikutan nyebar berita bohong atau HOAX.

1.Cek Nara Sumber

Nah pasti dong kalo kita sebagai orang yang hati-hati, pasti mau tau sumber informasi tersebut darimana!? di dunia nyata aja kalo kita nemu informasi baru, pasti kita akan bertanya “Kata siapa?. Nah kebiasaan bagus di dunia nyata ,jangan lupa dibawa juga di Dunia Maya yang penuh ketidakjelasan.

2.Antisipasi Judul Berita yang Provokatif

Gaes kalo ada kita dapet Informasi yang buat kita berpikiran “AH MASA SIH?”, jangan buru-buru percaya, karena ciri-ciri berita Hoax adalah membuat kita merasa terkejut dan penasaran. Kembali ke No 1 cek dulu sumber dan kebenarannya

3.Waspada Dengan Gambar yang Dikirimkan

Gambar memiliki fungsi untuk mendukung pernyataan dalam berita atau informasi yang disampaikan. Tapi Gaes jangan lupa, sekarang banyak orang yang punya skill editing tingkat tinggi, dan udah banyak kejadian gambar-gambar hasil editan yang sengaja dipakai untuk menjebak kalian agar masuk kehalaman tertentu. Nah pastinya  bisa juga gambar yang bersifat menarik jadi hiasan informasi HOAX ketika berselancar di dunia Internet.

4.Jangan Buru-buru Sharing

Ketika mendapat informasi yang menarik, jangan cepet-cepet share yaaaaaa!!!! karena kalau itu HOAX waduhh bisa dibully sama satu grup kalian lhoooo! lebih baik tunggu, atau tanya  mengenai  informasi di grup kalian!

5.Baca Secara Menyeluruh

Nah ini nih, buat kalian yang males baca, harap-harap cemas. Soalnya sekarang penyebar Hoax suka banget ngambil sumbernya bener, tapi para agen Hoax mengedit tulisan dan menjadi tidak sama dengan sumber berita aslinya.

Nah mulai sekarang hati-hati ya supaya ga ikutan nyebar HOAX. Bisa bayangin ga? niat memberikan informasi, tapi kita malah berurusan dengan Undang Undang ITE!

Nah yang paling penting lagi jangan sampai HOAX tertanam di kepala anda. Karena HOAX racun terhadap otak kita, karena membuat kita tidak percaya kebenaran yang ada di dunia nyata. Hiiiiii ngeri kan Gaes!

 

 

Author: Nanda Harto

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.