Padang Luas Tanaman Edelweis Di Gunung Papandayan

Web Hosting

BERITABERITA.WEB.ID – Gunung Papandayan merupakan salah satu lokasi tujuan wisata di Kabupaten Garut yang memberikan pemandangan padang Edelweis. Pesona Edelweis dan hutan mati merupakan pemandangan yang  memikat para wisatawan untuk mengunjungi gunung Papandayan. Jalur pendakian Gunung Papandayan dikategorikan sebagai trek yang mudah dan pendek, sangat bersahabat bagi pendaki pemula atau keluarga. Untuk mendaki Gunung Papandayan ada dua jalur pendakian yaitu Cisurupan dan Pengalengan.

Bagi pendaki dari luar Garut seperti Jakarta. Bisa menaiki bus umum jurusan  Jakarta-Garut dari terminal Kampung Rambutan atau menggunakan mobil pribadi. Dari Terminal Guntur di Garut, perjalanan bisa dilanjutkan menuju Cicurupan dengan menggunakan mini bus jurusan Cikajang. Setelah naik bis umum jurusan Garut Cikajang turun di alun-alun Cisurupan.

Dari alun-alun tersedia angkutan khusus menuju lokasi awal pendakian. Biasanya para pendaki berjalan kaki dari alun-alun menuju Gunung Papandayan untuk mencapai basecamp. Pengunjung yang akan mendaki harus sampai di gerbang pendakian terlebih dahulu, yang bisa juga dicapai dengan menyewa ojek. Setelah sampai di basecamp, pengunjung yang ingin mendaki melakukan registrasi sebelum melanjutkan perjalanan.

(Lihat juga: Gunung Papandayan Jawa Barat)

Jalur awal pendakian merupakan jalanan bebatuan dengan trek yang menanjak. Pada tahapan ini pendaki akan mencium aroma bau belerang yang kuat dan menyengat. Hal ini biasa karena gunung Papandayaan memiliki 14 kawah yang mengeluarkan uap belerang. Setelah trek terjal akan sampai di pintu Lawang Angin, para pendaki akan menemukan tiga jalur pendakian. Jalur kiri menuju Camping Ground Pondok Saladah, jalur kanan menuju Tegal Alun, dan jalur lurus menuju Pengalengan.

trek awal

trek12

Pondok Saladah merupakan area perkemahan sebelum menuju puncak. Setelah beristirahat di Pondok Saladah, para pendaki melanjutkan perjalanan menuju Tegal Alun. Untuk mencapai Tegal Alun, para pendaki akan menyusuri hutan mati. Tegal Alun merupakan padang luas yang dipenuhi oleh tanaman Edelweis, bisa dikatakan lokasi ini merupakan padang Edelweis terluas di Indonesia.

edelweis



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook