Text Neck, Penyakit Akibat Penggunaan Telepon Seluler

No image
Web Hosting

BERITABERITA.WEB.ID – Berawal dari ide Marshall McLuhan the medium is message, pendapat yang berdasarkan pada asumsi bahwa media merupakan upaya perluasan dari indera manusia (the extensions of Man). Teknologi yang merupakan media, dan perluasan indera manusia, membawa pola interaksi sendiri. Ibarat bola lampu pijar yang membangun ruang budaya berbeda bagi aktivitas fisik manusia, dibandingkan ketika belum mengenal atau mempergunakannya. Teknologi membutuhkan dan melahirkan gerakan fisik yang khas, yang juga menimbulkan dampak terhadap fisik manusia.

Dengan bertambahnya jenis teknologi, demikian juga dengan jenis penyakit yang muncul dari teknologi ikut juga bertambah, demikian laporan terbaru yang dimuat oleh theguardian.com. Telepon cerdas yang menjadi alat komunikasi, ternyata menimbulkan dampak, terutama sekali ketika banyak dipergunakan untuk membaca dan mengirim teks. Sebut saja, “BlackBerry Thumb” cedera yang disebabkan mengirim teks melalui BlackBerry, demikian juga “iPad hand”, sakit dan nyeri karena menggesekkan dan mengetik di papan layar tablet. Text neck, cedera di tulang belakang leher akibat terlalu sering menunduk karena melihat monitor telepon cerdas (smartphone).

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Kenneth Hansraj seperti yang dimuat oleh theguardian.com, menyimpulkan bahwa terjadi cedera serius karena penggunaan telepon selular, dikenal dengan text neck. Meskipun kepala manusia hanya berbobot 10 sampai 12 pound, ketika menunduk sedalam 15 derajat berat yang ditanggung menjadi 27 pound. Lebih-lebih kalau sampai sedalam 60 derajat maka tulang leher akan menerima beban seberat 60 pound. Cedera pada tulang bagian belakang leher disebabkan oleh karena dalam setahun setiap orang memakai telepon sebanyak 700-1400 jam dengan pemakaian rata-rata sebanyak 2-4 jam dalam sehari.

G2_Smartphone

Ilustrasi Beban Leher Ketika Membaca Teks

(dok: theguardian.com)

Untuk menghindari cedera tersebut, ahli kesehatan menyarankan melakukan peregangan otot leher dengan gerakan memanjangkan leher. Menyadari bahwa penggunaan teknologi yang membutuhkan gerakan fisik yang tidak lazim, akan berdampak pada fisik manusia adalah sangat penting. Saran paling baik untuk penggunaan telepon seluler adalah banyak juga melakukan panggilan telepon melalui suara, mengimbangi dominasi teks di telepon seluler. Disamping itu disarankan juga beristirahat secara teratur, merubah posisi ketika membaca teks atau mengirim teks melalui telepon seluler.

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook