Pohon Duwet, Tanaman Liar Dengan Segudang Manfaat

Web Hosting

BERITABERITA.WEB.ID – Duwet atau Jamblang dapat ditemui yang dibudidayakan atau tumbuh liar di Asia, dan Australia. Pohon ini mempunyai arean sebaran alami di Himalaya bagian subtropis, India, Sri Lanka, Malaysia, dan Australia. Duwet di pulau Jawa tumbuh liar di daerah hutan jati, dan oleh sebagian masyarakat dibudidayakan sebagai pohon buah di pekarangan. Pohon Duwet merupakan jenis tanaman yang toleran terhadap kekeringan dan dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah yang tidak subur, lahan basah dan tanah yang berdrainase bagus. Pohon Duwet diperbanyak atau ditanam dengan biji, meskipun sebenarnya bisa diperbanyak dengan cara dicangkok.

Duwet atau dikenal dengan syzygium cumini, sejenis dengan pohon buah dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Tumbuhan dengan buah berasa sepat masam ini biasa disebut dengan sebutan lokal seperti jambee kleng (Aceh), jambu kling, nunang(Gayo), jambu koliong (Riau), jambu kalang (Min.), jambulang, jambulan, jombulan, jumblang (aneka nama lokal di Sulut), jambulan (Flores), jambula (Ternate), jamblang (Btw., Sd.). Juga jambu juwat, jiwat, jiwat padi (Ind., juwet atau duwet (Jw.), juwet, jujutan (Bl.), dhuwak, dhalas (Md.), duwe (Bima), Rappo – Rappo (Selayar) dan lain-lain.

Buah duwet dapat dikonsumsi langsung atau dimakan segar. Pada masyarakat India dan Filipina, seperti juga di beberapa daerah Indonesia, buah duwet yang masak dicampur dengan sedikit garam dan kadang-kadang ditambahi gula, lalu dikocok di dalam wadah tertutup (biasanya dua mangkuk disatukan) agar melunak dan berkurang rasa sepatnya. Buah ini baik dikonsumsi, karena kaya akan kandungan vitamin A dan C. Pada beberapa tempat duwet biasa dihidangkan dalam bentuk sari buah, jeli atau anggur. Anggur duwet di Filipina di jual menjadi minuman kemasan.

Mengobati Diare

Untuk mengobati diare bisa dilakukan dengan menggunakan kulit dahan kering sekitar 1 jari, direbus dengan 2 gelas air, sampai menjadi 1 gelas, kemudian airnya disaring dan langsung minum.

Sariawan

Rebus kulit kayu atau daun duwet secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur, lakukan itu sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Batuk Kronis dan Asma

  • Cuci buah jamblang segar (15 g) sampai bersih buah bijinya, lalu makan. Lakukan tiga kali sehari
  • Sediakan buah jamblang kering (15g). Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Sebaiknya lakukan tiga kali sehari.

Menyembuhkan Luka Diabetes

Duwet dapat juga dijadikan obat untuk luka diabetes. Biji buah ini mengandung glukosida phytomelin. Zat yang dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler, penyebab luka diabetes lama untuk disembuhkan. Pada buah duwet terdapat kandungan astringent, zat yang dapat membantu penyembuhan luka diabetes karena sifat astringent yang menciutkan kulit.

Untuk mengatasi diabetes, 15 butir biji duwet ditumbuk halus kemudian direbus. Rebusan buah duwet dibagi menjadi tiga bagian, setiap bagian diminum setiap hari. Kulit pohon duwet bisa digunakan juga untuk mengatasi diabetes. Sebanyak 250 gram kulit duwet basah dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga jadi dua gelas. Saring airnya lalu diminum berangsur-angsur sampai habis dalam satu hari.

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Facebook