Proyek Mangkrak dari 1972, Dilanjutkan Era Jokowi

BERITABERITA.ID – Proyek Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang sempat mangkrak dari tahun 1972 akhirnya dilanjutkan pada Era Pemerintahan Jokowi. Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (20/7/2017)

Peresmian mega proyek itu merupakan realisasi pengerjaan proyek yang tercantum dalam Peraturan Presiden No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dengan besaran investasi sekitar Rp 4,51 triliun ini melalui skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Air minum tersebut akan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Pemprov Jawa Timur untuk kemudian disalurkan untuk melayani 1,3 juta masyarakat melalui lima PDAM yakni kabupaten Pasuruan, kota Pasuruan, kabupaten Sidoarjo, kota Surabaya dan kabupaten Gresik.

Proyek ini ditargetkan selesai pada awal 2019 sehingga dapat beroperasi pada pertengahan 2019.

“Untuk tarifnya nantinya akan dikenakan sekitar Rp5.000 per meter kubik jauh lebih murah daripada air kemasan,” ujar Sri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Wapres Resmikan Pembangunan SPAM Umbulan Senilai Rp 4,51 triliun”, http://regional.kompas.com/read/2017/07/20/21092151/wapres-resmikan-pembangunan-spam-umbulan-senilai-rp-4-51-triliun.
Penulis : Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Author: Nanda Harto

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.