Selesai: Bendungan Di Era Jokowi

BERITABERITA.ID – Infrastruktur yang mendapat perhatian penuh Jokowi-JK adalah Bendungan. Dalam tiga tahun pembangunannya, Jokowi-JK telah merampungkan pembangunan 9 bendungan dari 39 bendungan yang direncanakan.

Bendungan Rajui, Aceh

Bendungan Rajui adalah bendungan yang terletak di provinsi Aceh, di kabupaten/kota Pidie. Bendungan ini memiliki kapasitas sebesar 2.67M³ diharapkan dapat mengairi lahan seluas 1000 Ha, menyediakan pasokan air baku sebesar 0,20 M³/detik. Pembangunan dimulai pada tahun 2010 dan mulai beroperasi di tahun 2016.

Bendungan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat

Bendungan Jatigede merupakan bendungan terbesar kedua di Indonesia, yang terletak di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Waduk Jatigede dengan kapasitas tampung 979,5 juta M3, diresmikan pada tahun 2015, serta sejak 2017 telah beroperasi penuh dan manfaatnya mulai dirasakan para petani. Bendungan Jatigede telah mengairi 90.000 hektar lahan sawah yang ada di Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

Bendungan Bajulmati, Banyuwangi, Jawa Timur

Waduk Bajulmati terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Luas Daerah Tangkapan Air (DTA) Waduk Bajulmati seluas 98.43KM2, dan luas genangan 91,92 hektar yang dapat menampung air sebanyak 100juta M3. Pembangunan waduk selesai pada tahun 2015, dan dilakukan pengisian awal (impounding) pada awal Desember 2015, butuh waktu 13bulan untuk mencapai titik maksimum untuk dapat beroperasi.

Bendungan Nipah, Sampang, Jawa Timur

Bandungan Nipah terletak di kabupaten/kota Sampang, Jawa Timur. Bendungan Nipah memiliki kapasitas sebaesar 3.03M3, dan dapat mengairi lahan seluas 1150hektar. Bendungan ini diresmikan oleh Jokowi pada Sabtu 19 Maret 2016

Bendungan Titab, Bali

Bendungan Titab-Ularan, Bali dibangun sejak tahun 2011 sampai 2017. Bendungan ini memiliki luas total mencapai 100 hektar. Dengan luasan genangan mencapai 68 hektar dan tinggi 60 meter, bendungan ini mampu menampung 13 juta meter kubik air dari Tukad Saba.

Bendungan Paya Seunara, Aceh

Bendungan yang berada di aliran Sungai Paya Seunara ini memiliki luas area genangan mencapai 111,14 hektare. Bendungan ini dapat menampung air dari Sungai Paya Seunara sampai 10 juta meter kubik. Air baku yang disediakan bisa mencapai 125 liter/detik. Bendungan Paya Seunara telah selesai konstruksinya pada 2016 lalu oleh kontraktor PT Inaco Harapan-PT Inaco Putra Perkasa

Bendungan Teritip, Kalimantan Timur

Bendungan Teritip adalah bendungan yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, di kabupaten/kota Balikpapan. Bendungan ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 2.43M³ diharapkan dapat menyediakan pasokan air baku sebesar 0,25 M³/detik.

Bendungan Raknamo,Kupang, NTT

Bendungan Raknamo adalah bendungan yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, di kabupaten/kota Kupang. Bendungan ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 14.09M³diharapkandapat mengairi lahan seluas 1250 Ha, mengurangi debit banjir sebesar 310 M³/detik, menyediakan pasokan air baku sebesar 0,10 M³/detik, dan menghasilkan listrik sebesar 0,20 MW. Bendungan ini selesai pada tahun 2017 dan di resmikan Jokowi pada 9 Januari 2018

Bendungan Tanju, Dompu, Nusa Tenggara Barat

Bendungan Tanju terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, di kabupaten/kota Dompu. Bendungan Tanju memiliki volume tampungan sebesar 18.27M³ diharapkan dapat mengairi lahan seluas 3939 Ha, menyediakan pasokan air baku sebesar 0,05 M³/detik, dan menghasilkan listrik sebesar 0,50 MW. Bendungan ini telah selesai konstruksinya pada tahun 2017 namun belum diresmikan untuk beroperasi oleh Jokowi

kita doakan untuk bapak Jokowi agar semua programnya berjalan baik dan lancar, agar efeknya dirasakan seluruh rakyat Indonesia (Arnie Ramadhani)

Author: Nanda Harto

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.