Program Gus Ipul dan Puti Guntur Untuk Jatim

BERITABERITA.ID – Gus Ipul dan Mbak Puti, merupakan pasangan Calon Gubernur Jawa Timur yang lebih dikenal dengan tagline “Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur” . Pasangan ini mengusulkan beberapa program dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 yang diberi nama 9 Program Prioritas Gus Ipul-Mbak Puti untuk Jawa Timur, antara lain :

1.Turunkan Kemiskinan, Atasi Kesenjangan.

Komitmen Gus Ipul dan Mbak Puti dalam mengurangi kemiskinan dan kesenjangan di Jawa Timur tidak main-main. Untuk menurunkan kemiskinan, pasangan ini mengusung beberapa program, antara lain Program KUMIS MANTAB (Kurangi Kemiskinan Masyarakat), kemudian Program PKH SUPER (Pemberdayaan Keluarga Harapan Super) untuk memperluas lapangan pekerjaan di desa-desa, dan Program SATRIA MADURA (Satu Triliun bagi Madura) dianggarkan dana tambahan 1 Triliun per tahun khusus untuk pembangunan infrastruktur di Madura yang dibagi secara proporsional di empat kabupaten yang ada.

2.Masyarakat Sehat dan Cerdas

Untuk Jawa Timur lebih Makmur, melalui Program LARAS HATI (Layanan Merata, Berkualitas, Sehat dan Inovatif) pasangan ini akan menghadirkan seluruh Fasilitas Layanan Kesehatan yang lebih baik. Di bidang pendidikan, terdapat program pendidikan gratis yang merupakan Program DIK DILAN ( Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan), serta penguatan peran Pondok Pesantren sebagai pusat pendidikan agama dan akhlak melalui Program MADIN PLUS (Madrasah Diniyah Plus)

3.Ciptakan Lapangan Kerja, Kurangi Pengangguran

Melalui Program SUPER STAR (Sentra UMKM dan Pemberdayaan Start Up) diharapkan dapat mendukung serta membawa para pengrajin lokal naik kelas ke level yang lebih tinggi lagi. Program lainnya yaitu PAK KARDIMAN (Peluang Kerja Dimana-mana), bukan sembarang Pak Kardiman, tapi ini adalah program untuk memperbanyak Peluang Kerja di Jawa Timur untuk ikut memajukan Jawa Timur bersama-sama.

4.Pertumbuhan Ekonomi Baru

Program TAMPAN SEJATI (Petani-Nelayan Mapan se-Jawa Timur) ditujukan agar para petani di Jawa Timur nantinya memiliki jaminan kesehatan dan kesejahteraan untuk hidup yang lebih baik lagi. Ada juga Program SERIBU DEWI (Seribu Desa Wisata) yaitu program untuk memaksimalkan potensi desa wisata di Jawa Timur.

5.Infrastruktur Berkeadilan

Infrastruktur merupakan hal penting dalam kesejahteraan masyarakat. Beberapa program untuk menunjang Infrastruktur Berkeadilan di Jawa Timur yaitu BAJA EMAS (Perbaikan Jalan untuk Ekonomi Masyarakat), KEMBANG SARI (Pengembangan Sarana Publik), serta MAHKOTA PERAK (Rumah Kota Apartemen Rakyat)

6.Akselerasi Ekonomi Jalur Selatan

TEBAR JALA (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan) merupakan program untuk pemerataan perekonomian di Jawa Timur antara kawasan Pantura dengan Pantai Selatan dengan membangun pusat-pusat industri pengolahan, membangun kawasan penyangga agropolitan, serta mendukung optimalisasi sektor pariwisata di Banyuwangi dan Situbondo, serta mengoptimalisasi sektor perkebunan rakyat untuk komoditas unggulan.

7. Masyarakat Rukun dan Berbudaya

Untuk membantu dan mengapresiasi para seniman dan budayawan Jawa Timur agar terus berkarya, Seni & Kebudayaan Jawa Timur harus bersinar seperti program yang diusung pasangan ini, yaitu program BERSINAR (Berkebudayaan, Rukun dan Seniman Makmur). Program sosial lainnya adalah REMBULAN (Program Sosial untuk Pemuliaan Perempuan, Anak dan Lansia)

8. Pemerintahan Klaboratif

Mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih dan transparan, serta layanan publik yang andal berbasis digital.

9.Masyarakat Melek Informasi

Program MAS METALĀ (Milenial dan Masyarakat Melek Digital) ditujukan untuk meningkatkan literasi digital, memperluas jaringan internet dan meningkatkan pelayanan public secara digital. Sedangkan komitmen untuk meratakan pembangunan di Jawa Timur, pasangan Gus Ipul & Mbak Puti mengusung Program Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera)

Program-program yang diusung oleh Gus Ipul dan Mbak Puti ini sejalan dengan Nawa Cita, atau 9 Agenda Prioritas dari Presiden Jokowi. Sebagai masyarakat yang cerdas kita harus mengerti program calon pemimpin kita, jangan sampai hanya membawa kepentingan kelompok dan golongan yang diringkas seakan kepentingan bersama.

Author: Arnie Ramadhani

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.